Fungsi, Fitur, dan Contoh Google Analytics
Google Analytics (GA) adalah tool berbasis analitik yang dikembangkan untuk menampilkan data trafik web secara berkala dengan berbagai metrik yang ada. Selain itu, GA juga menyediakan berbagai data terkait informasi performa beberapa halaman situs mulai dari trafik, demografi, konten populer, user flow, dan lain sebagainya.
Google Analytics adalah solusi pengukuran aplikasi gratis yang memberikan laporan mengenai penggunaan aplikasi dan interaksi pengguna.
Inti dari Firebase adalah Google Analytics, yaitu solusi analisis gratis dan tanpa batas. Analytics menggabungkan berbagai fitur Firebase dan menyediakan laporan tak terbatas hingga 500 peristiwa berbeda yang dapat Anda tentukan menggunakan Firebase SDK. Laporan Analytics membantu Anda memahami dengan jelas perilaku pengguna, sehingga Anda dapat mengambil keputusan yang tepat terkait pemasaran aplikasi dan pengoptimalan performa.
Fungsi yang dimiliki Google Analytics
Berikut ini merupakan beberapa fungsi serta manfaat setelah anda menggunakan Google analytics untuk menunjang kampanye bisnis dan peningkatan revenue perusahaan secara optimal
1. Reporting
Di dalam GA sendiri, menyediakan laporan data secara akurat dari sudut pandang website yang berpedoman pada teknik SEO (Search Engine Optimization). Tampilan hasil reporting data dapat
ditampilkan melalui dukungan grafik dan diagram yang memudahkan anda dalam membaca dan
memahami setiap metrik yang ada.
2. Menyajikan Fitur Analisis Akurat
Kedua, sajian fitur analitik dalam GA memiliki tingkat keakuratan yang tinggi apabila anda
mengkomparasikan dengan penggunaan GSC atau Google Search Console. Jika data GSC lebih
mengarah pada sudut pandang dari sisi mesin pencari, maka GA mempunyai sudut pandang dari
segi SEO dan website itu sendiri.
3. Memvisualisasikan Data secara Terstruktur
Ketiga, bentuk visualisasi data sangatlah mudah dan dapat anda kelola sesuai dengan kebutuhan
bisnis. Selain itu, anda juga dapat mengakses GA dalam perangkat mobile (perangkat Android dan
iOS) atau tablet. Proses penggambaran alur data menjadi lebih jelas dan anda dapat menentukan
beberapa parameter yang benar – benar dibutuhkan oleh bisnis atau produk.
4. Monitoring Data Collection and Management
Dan yang keempat, Google Analytics juga mendukung penggunaan dari library JavaScript, SDK
Application, serta Open Measurement Protocol. Protokol tersebut dapat memungkinkan anda
dalam mengimpor data pada berbagai macam aplikasi pihak ketiga dengan menghubungkan
jaringan internet.
Fitur dan Istilah Penting
Setelah memahami pengertian dan fungsi dari GA, selanjutnya anda juga harus mengetahui
beberapa fitur dan istilah penting terkait tools analytics ini.
- Overview
Istilah yang pertama adalah organizations, yang memiliki fungsi untuk mengelompokkan
berbagai kebutuhan produk serta metrik untuk diukur ke dalam satu folder saja. Kemudian,
terdapat account untuk menangani keperluan pembuatan akun ke dalam layanan analytics.
Selanjutnya, property memiliki sebutan sebagai objek yang setiap matriksnya dipantau dan
dianalisa ke dalam GA. Objek tersebut dapat berupa website, web app, ataupun mobile apps. View
adalah istilah lain yang mendefinisikan sebuah data spesifik yang diinginkan oleh pengguna pada
property. Dan yang terakhir terdapat istilah penting seperti bounce rate yang berarti jumlah
persentase user yang meninggalkan halaman website tanpa melakukan interaksi apapun di
dalamnya.
- Audience
Seperti namanya, analisis audiens memberikan Anda gambaran penonton yang mengunjungi situs Anda dengan sesi sejarah, tampilan halaman, tingkat bouncing, dll.Anda dapat menelusuri baru serta pengguna kembali bersama dengan lokasi geografis mereka. Anda dapat melacak −
- Usia dan jenis kelamin audiens Anda di bawah demografi.
- Afinitas mencapai dan pasar segmentasi di bawah kepentingan.
- Bahasa dan lokasi di bawah Geo.
- Pengunjung baru dan berulang, frekuensi, dan keterlibatan dalam perilaku.
- Browser, sistem operasi, dan jaringan audiens Anda dalam teknologi.
- Perangkat mobile info under Handphone.
- Laporan variabel kustom di bawah kustom. Laporan ini menunjukkan aktivitas olehmodul kustom yang Anda buat untuk menangkap pilihan.
- Pembandingan saluran, lokasi, dan perangkat di bawah pembandingan. Pembandingan memungkinkan Anda untuk membandingkan metrik dengan industri terkait lainnya. Jadi, Anda dapat plot yang Anda butuhkan untuk dikenakan untuk mengejar pasar.
- Aliran aktivitas pengguna di bawah aliran pengguna untuk melihat jalan yang mereka mengambil pada website Anda.
Akuisisi berarti ' memperoleh.' Akuisisi analisis dilakukan untuk mengetahui sumber - sumber dari mana traffic web Anda berasal. Menggunakan analisis akuisisi, Anda dapat −
- Menangkap lalu lintas dari semua saluran, sumber tertentu/menengah, dan arahan.
- Melacak lalu lintas dari AdWords (pencarian berbayar).
- Melihat lalu lintas dari mesin pencari. Di sini, Anda dapat melihat query, halaman arahan yang dipicu dan ringkasan geografis.
- Melacak lalu lintas media sosial. Ini membantu Anda untuk mengidentifikasi jaringan yang mana pengguna terlibat. Anda dapat melihat arahan dari lalu lintas di manaberasal. Anda juga dapat memiliki pemandangan aktivitas hub, bookmark situs tindak lanjut, dll. Di tab yang sama, Anda dapat melihat dukungan Anda dalam rincian. Ini membantu Anda mengukur dampak media sosial di situs web Anda.
- Melihat plug-in yang memberi Anda lalu lintas.
- Kita lihat di semua kampanye Anda membangun seluruh situs web Anda dengan statistik rinci dari dibayar/organik kata kunci dan biaya yang dikeluarkan di atasnya.
Analisis perilaku memantau kegiatan para pengguna di situs web. Anda dapat menemukan data perilaku di bawah − empat segmen berikut
- Site Content / konten situs − ini menunjukkan berapa banyak halaman yang dilihat. Anda dapat melihat rinci interaksi data di semua halaman atau di segmen seperti melacak konten,halaman arahan, dan halaman keluar. Melacak konten putus data menjadi sub folder. Halaman arahan adalah halaman mana pengguna tanah, dan keluar halaman mana pengguna keluar situs Anda. Anda dapat mengukur aliran perilaku dalam hal konten
- Site Speed / kecepatan situs − di sini, Anda dapat mengambil waktu muat laman, kecepatan eksekusi dan data kinerja. Anda dapat melihat seberapa cepat browser dapat menguraimelalui halaman. Lebih lanjut, Anda dapat mengukur halaman Timing, timing pengguna, dan mendapatkan saran kecepatan. Ini membantu Anda untuk mengetahui mana Anda yang tertinggal.
- Site Search / Pencarian situs − ini memberi Anda gambaran lengkap tentang bagaimana para pengguna mencari di situs Anda, apa mereka biasanya mencari dan bagaimana mereka tiba di halaman arahan tertentu. Anda dapat menganalisis apa yang mereka cari untuk sebelum mendarat di situs web Anda.
- Event / Peristiwa − Event adalah tindakan pengunjung dengan konten, yang dapat ditelusuri secara mandiri. Contoh − download, mendaftar, log-in, dll.
Konversi adalah penyelesaian tujuan atau transaksi oleh pengguna di situs web Anda. Sebagai contoh, download, checkout, beli, dll. Untuk melacak konversi dianalytics, Anda perlu menentukan tujuan dan menetapkan URL yang dilacak.
- Goals / Tujuan − metrik yang mengukur aktivitas yang menguntungkan yang diinginkan pengguna untuk menyelesaikan. Anda dapat mengatur mereka untuk melacak tindakan. Setiap kali tujuan tercapai, konversi akan ditambahkan ke data Anda. Anda dapatmengamati penyelesaian tujuan, nilai, reverse jalan, dan tujuan aliran.
- E-commerce − Anda dapat mengatur pelacakan e-commerce untuk tahu apa yangpengguna membeli dari website Anda. Ini membantu Anda untuk menemukan produk kinerja, kinerja penjualan, transaksi, dan membeli waktu. Berdasarkan data ini, Anda dapat menganalisis apa dapat bermanfaat dan apa dapat dikenakan kerugian.
- Multi-channel funnels − multi-channel saluran atau MCF laporan sumber konversi; apa peran website berperan, referral dalam konversi; dan apa yang semua lembaran lakukan ketika pengguna melewati halaman arahan untuk konversi. Sebagai contoh,pengguna mencari query di halaman pencarian Google, ia mengunjungi situs web,namun tidak mengkonversi. Kemudian ia langsung mengetik nama website Anda dan melakukan pembelian. Semua kegiatan ini dapat ditelusuri pada MCF.
- Attribution− Attribution pemodelan kredit penjualan dan konversi untuk menyentuh poin dalam pelacakan konversi. Hal ini memungkinkan Anda memutuskan apa strategi platform atau modul adalah yang terbaik untuk bisnis Anda. Misalnya, seseorang yang mengunjungi situs web Anda melalui iklan AdWords dan membuat tidak ada pembelian. Sebulan kemudian, dia mengunjungi melalui sebuah platform sosial dan lagi tidak membeli. Ketiga kalinya, ia mengunjungi langsung dan dikonversi. Di sini,model interaksi terakhir akan kredit langsung untuk konversi, sedangkan model interaksi pertama akan menetapkan kredit ke medium dibayar. Dengan cara ini, Anda dapat menganalisis apa modul harus dapat dikreditkan untuk konversi.
Komentar
Posting Komentar