Google Analytics
Sebenarnya apa itu Google Analytics?
Menurut istilah sendiri, Google Analytics (GA) adalah tool
berbasis analitik yang dikembangkan untuk menampilkan data trafik web secara berkala dengan
berbagai metrik yang ada. Selain itu, GA juga menyediakan berbagai data terkait informasi
performa beberapa halaman situs mulai dari trafik, demografi, konten populer, user flow, dan lain
sebagainya.
Fungsi yang dimiliki google analytics
- Reporting
- Menyajikan fitur analisis akurat
- Memvisualisasikan data secara terstruktur
-Monitoring data collection and management
Fitur dan istilah penting
- Overview
- Audience
- Acquisition
- Behavior
- Conversions
Cara menggunakan google analytics yang tepat
Setelah mengenal beberapa hal terkait fitur dan istilah penting pada Google Analytics, selanjutnya
kita harus mengetahui cara kerja dari software tersebut agar anda dapat mencapai tujuan bisnis dan
target output serta outcome yang dapat dicapai untuk kepentingan bisnis perusahaan.
1. Realtime
Fitur ini telah menyediakan berbagai pilihan seperti data
pageview per menit dan detik, jumlah user yang membuka web secara realtime, top keyword,
hingga top locations.
2. Audience
Kita dapat mengakses menu audience untuk mendapatkan data secara lengkap
terkait personal data visitor website anda. Mulai dari demografi, perangkat, gender, usia, hingga
geografi dari tiap user.
3. Behavior
memaparkan
data berupa persentase jumlah pengunjung baru (new visitor) dan pengunjung lama (return visitor).
Selain itu, anda juga dapat memilih data terkait jumlah rata – rata bounce rate serta durasi per sesi
tiap halaman.
4. Overall & Source Traffic
matriks penting yang menjadi objective utama setiap pengembang website
adalah peningkatan jumlah rata – rata pengunjung setiap harinya. Dengan bantuan Google
Analytics, dapat mengetahui lebih detail mengenai persentase jumlah pengunjung yang datang
melalui berbagai sumber seperti organic, social media, atau other channel. Sehingga, untuk
kedepannya anda dapat menentukan channel marketing yang paling efektif bagi bisnis atau usaha.
5. Website Speed
Yang terakhir ialah mengetahui data terkait trafik pengunjung juga melakukan optimasi dan monitoring terkait pagespeed dari setiap halaman website. Hal
ini sangatlah penting, mengingat algoritma update dari Google pada tahun 2021 ini menjelaskan
bahwa untuk dapat mencapai halaman pertama di mesin pencarian harus memperhatikan faktor
mobile friendly dan kecepatan website.
Komentar
Posting Komentar