Google Analytics

 


Sebenarnya apa itu Google Analytics? 
Menurut istilah sendiri, Google Analytics (GA) adalah tool berbasis analitik yang dikembangkan untuk menampilkan data trafik web secara berkala dengan berbagai metrik yang ada. Selain itu, GA juga menyediakan berbagai data terkait informasi performa beberapa halaman situs mulai dari trafik, demografi, konten populer, user flow, dan lain sebagainya.

Fungsi yang dimiliki google analytics
- Reporting
- Menyajikan fitur analisis akurat
- Memvisualisasikan data secara terstruktur
-Monitoring data collection and management

Fitur dan istilah penting
- Overview
- Audience
- Acquisition
- Behavior
- Conversions

Cara menggunakan google analytics yang tepat
Setelah mengenal beberapa hal terkait fitur dan istilah penting pada Google Analytics, selanjutnya kita harus mengetahui cara kerja dari software tersebut agar anda dapat mencapai tujuan bisnis dan target output serta outcome yang dapat dicapai untuk kepentingan bisnis perusahaan.
1.  Realtime
Fitur ini telah menyediakan berbagai pilihan seperti data pageview per menit dan detik, jumlah user yang membuka web secara realtime, top keyword, hingga top locations.
2. Audience
Kita dapat mengakses menu audience untuk mendapatkan data secara lengkap terkait personal data visitor website anda. Mulai dari demografi, perangkat, gender, usia, hingga geografi dari tiap user.
3. Behavior
memaparkan data berupa persentase jumlah pengunjung baru (new visitor) dan pengunjung lama (return visitor). Selain itu, anda juga dapat memilih data terkait jumlah rata – rata bounce rate serta durasi per sesi tiap halaman.
4. Overall & Source Traffic
matriks penting yang menjadi objective utama setiap pengembang website adalah peningkatan jumlah rata – rata pengunjung setiap harinya. Dengan bantuan Google Analytics, dapat mengetahui lebih detail mengenai persentase jumlah pengunjung yang datang melalui berbagai sumber seperti organic, social media, atau other channel. Sehingga, untuk kedepannya anda dapat menentukan channel marketing yang paling efektif bagi bisnis atau usaha.
5. Website Speed
Yang terakhir ialah mengetahui data terkait trafik pengunjung juga melakukan optimasi dan monitoring terkait pagespeed dari setiap halaman website. Hal ini sangatlah penting, mengingat algoritma update dari Google pada tahun 2021 ini menjelaskan bahwa untuk dapat mencapai halaman pertama di mesin pencarian harus memperhatikan faktor mobile friendly dan kecepatan website.


 




Komentar

Postingan Populer