PRINSIP DESAIN GRAFIS SHOPEE DAN TOKOPEDIA
Desain Grafis adalah proses komunikasi menggunakan elemen visual seperti tulisan, bentuk, dan gambar yang dimaksudkan untuk menciptakan persepsi akan suatu pesan yang disampaikan. Dalam desain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan.
Terdapat beberapa prinsip desain grafis, yaitu:
- metafora
- clarity
- konsistensi
- alignment (kelurusan)
- proximity (kedekatan)
- kontras
Pada kesempatan kali ini, kita akan mereview aplikasi e-commerce sesuai dengan prinsip desain grafis. Aplikasinya itu ialah Shopee dan tokopedia.
Shopee
Namun selain prinsip metafora, menurut saya Shopee sudah memenuhi prinsip desain grafis lainnya.Seperti clarity : yang mana setiap fitur yang ada di aplikasi Shopee ini memiliki alasan yang mengharuskan fitur tersebut ada.
Untuk consistency : Shopee konsisten dalam pemilihan tema warna yaitu warna jingga, dengan ikon yang cukup ramai di halaman utama serta model font yang selaras.
Shopee sudah memenuhi prinsip alignment dengan memulai baris atau tulisan dari kiri, menggolongkan item yang dikelompokkan dengan garis bantu sehingga membentuk kotak per-itemnya. Dan proximity pada fitur yang mana saling mempunyai keterkaitan.
Untuk prinsip contrast : Shopee sudah memenuhi prinsip tersebut karena sudah menempatkan fitur yang prioritas dengan baik sehingga user pun menjadi tertarik dengan apa yang ada di dalam aplikasi Shopee ini.
Untuk Tokopedia, menurut saya belum memenuhi prinsip metafora juga, yang mana aplikasi Tokopedia belum memenuhi elemen visualnya.
Clarity : yang mana Tokopedia sudah simetris dan menyeimbangkan antara tulisan, gambar, serta bentuk. Dengan semua fitur yang ada memiliki alasannya masing-masing.
Consistency : tampilan dari Tokopedia sudah konsisten dengan ikon yang sedang dan pewarnaan hijau yang tidak berubah.
Alignment : Tokopedia sudah memulai semua kata-katanya dari bagian kiri atas, yang membuat mata user nyaman menggunakannya.
Proximity : Tokopedia juga sudah memenuhi prinsip proximity dengan maksud semua fitur memiliki keterkaitan.
Sedangkan untuk contrast : Tokopedia sudah memenuhi prinsip ini dengan memberi highlight pengurutan, fokus pada kenyamanan interace dan menarik perhatian user.
Menurut saya, shopee menggunakan font ikon dengan ukuran yang lebih kecil daripada Tokopedia.
Perbandingan yang kedua ialah bahwa di halaman utama kita dapat melihat di bagian bawah, Tokopedia dengan rinci menjelaskan detail panduan aplikasi. Sedangkan untuk Shopee hanya menampilkan sedikit panduan dan memberikan fitur baca "Lebih lanjut" untuk meneruskan rincian panduan aplikasi dari Shopee itu sendiri.
Sehingga saya menyimpulkan bahwa, kedua aplikasi e-commerce ini sudah cukup mengikuti prinsip desain grafis yang mana menjadi ketertarikan masing-masing oleh para penggunanya.
Komentar
Posting Komentar