EKONOMI WEB DAN PENGARUHNYA


 Asal Kata dan Definisi Istilah Ekonomi

Apapun pastinya ada asal muasalnya, begitu juga dengan istilah dari ekonomi. Menurut istilah, kata ekonomi berasal dari bahasa yunani kuno yaitu :

Oikos yang artinya keluarga, rumah tangga

Nomos ialah peraturan, aturan, hukum.

Dengan demikian secara etimologi atau secara bahasa, pengertian ekonomi ialah aturan rumah tangga ataupun manajemen rumah tangga.

Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online, ekonomi memiliki beberapa pengertian, yaitu sebagai berikut:

• Ilmu mengenai asas-asas produksi, distribusi serta pemakaian barang-barang juga kekayaan, seperti hal keuangan, perindustrian dan perdagangan.

• Pemanfaatan uang, tenaga, waktu dan sebagainya yang berharga.

• Tata hidup perekonomian suatu negara.

• Urusan keuangan rumah tangga, organisasi ataupun negara.

Ekonomi Web adalah ilmu yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap barang dan jasa yang berbasis Web.

Contohnya : Pertumbuhan Ekonomi yang disediakan menggunakan Web

Dampak Adanya web bagi Ekonomi adalah :

IKLAN

Apa itu iklan?

"Iklan adalah komunikasi non personal informasi biasanya dibayar dan biasanya persuasif di alam tentang produk, jasa atau ide oleh sponsor diidentifikasi melalui berbagai media." Manfaat iklan yang terbesar adalah membawa pesan yang ingin disampaikan oleh produsen kepada khalayak ramai.

Iklan adalah informasi yang isinya membujuk khalayak banyak atau orang banyak supaya tertarik kepada barang atau jasa yang ditawarkan. Dengan kata lain, iklan memberitahu kepada banyak orang mengenai barang dan jasa yang dijual, dipasang di media massa seperti koran dan majalah atau di tempat-tempat umum.

Beberapa dampak dalam bidang ekonomi dari periklanan antara lain:

1. Dampak terhadap produk

2.Dampak terhadap Media

3. Dampak terhadap Perusahaan

4. Dampak terhadap para pesaing

5. Dampak terhadap konsumen

6. Dampak terhadap Bisnis dalam Masyarakat

7. Dampak kepentingan Produksi Massal.

8. Dampak Terhadap Nilai suatu Produk

9. Dampak pada Harga.

PENJUALAN ONLINE

Penjualan online adalah melakukan aktifitas penjualan dari mencari calon pembeli sampai menawarkan produk atau barang dengan memanfaatkan jaringan internet yang didukung dengan seperangkat alat elektronik sebagai penghubung dengan jaringan internet.

PEMASARAN ONLINE

adalah strategi atau metode untuk mengenalkan konsumen/publik dengan brand/produk/jasa sebuah perusahaan/bisnis. Dalam hal ini medium yang kita pakai adalah internet. Hal yang paling sederhana yang harus diingat adalah, bagaimana berinovasi terus menerus agar produk/jasa anda dapat lebih mudah ditemukan di internet.

PERILAKU PENCARIAN

Web mempengaruhi perilaku sosial

Ada dua dampak yang ditimbulkan yaitu dampak positif dan dampak negatif.

Dampak Positif: 

1. Lebih cepat dan mudah dalam meyelesaikan pekerjaan

2. Dapat berkomunikasi dengan baik tidak peduli jarak dan waktu

3. Mudah mencari informasi serta berbelanja / bertransaksi online pun dapat dilakukan.

Dampak Negatif : 

1. Munculnya banyak penipu yang memanfaatkan internet

2. Adanya plagiarisme

3. Munculnya pencurian/hack

4. Munculnya banyak konten-konten dewasa yang seharusnya tidak dilihat anak kecil dapat merusak mental

5. Bahaya kesehatan akibat radiasi yang ditimbulkan oleh komputer itu sendiri

LELANG ONLINE

Keuntungan - keuntungan antara lain sebagai berikut :

1. Tidak Terbatas oleh Waktu.

2. Tidak Terbatas oleh Tempat.

3. Jumlah Penawar yang Besar.

4. Jumlah Penjual yang Besar.

5. Jaringan Ekonomi.

Referensi

http://sartikadewimulyani.blogspot.com/2017/05/dampak-ekonomi-dari-pengaruh-web-yang.html?m=1

https://jurgenirgo.wordpress.com/2018/06/28/ekonomi-web/amp/

Komentar

Postingan Populer